Sejarah Puyang Seberang Di Desa Tempirai

Puyang adalah orang yang dulu sekali atau pun orang yang mungkin bisa di sebut membangun peradaban di desa tempirai yang tercinta ini dan boleh di katakan kan ketua desa ( general village)
     yang mau saya sebut kan yaitu puyang puyang yang ada di desa tempirai > yang tercinta ini :
1. puyang seberang 
    puyang seberang adalah orang yang telah membangun peradaban di desa tempirai ini salah satu nya menurut legenda puyang seberang ini lah yang telah memindahkan desa kita yang tercinta ini dari ddesa lama ini. Alasan Dia memindahkan dusun dari dusun lama ke dusun baru yang terletak di Pinggiran sungai lubuk padu ke tumbang lembak ( The new Village) .
    Kata nenek saya alasan dia memeindah kan  dusun dari dusun lama ke dusun baru yaitu karena ada semacam mahluk yang sejenis ZOMBIE (mahluk mati yang berjalan) atau yang biasa di beri nama tekuk lili mahluk ini mempunyai semacam senjata yaitu KUKU nya yang tajam sehingga banyak pada waktu itu banyak korban yang meninggal. Oleh karena alasan itulah puyang seberang meninggalkan dusun lama untuk memulai kehidupan baru bersama masyarakat sekitar pada waktu jaman yang sangat lama.
   Puyang ini ternyata pemerhati sejarah juga terbukti dia meninggalkan semacam jenis bawaan nya seperti Gelang yang terbuat dari perunggu keris, dan semacam nya. oleh karena bukti yang kuat ini dapat di katakan bahwa memang benar adanya bahwa cerita ini bukan sekedar legenda saja.l
2. Puyang kedal
   puyang kedal di ambil dari nama penyakit yang di derita nya yaitu semacam jenis penyakit kusta yang di deritanya itu. oleh karena Penyakit itu dia diasingkan oleh penduduk karena takut menular kepada yang lain dia di asingkan di pinggiran sungai muare jauh dari permukiman penduduk dan di tengah hutan yang gelap dan dia diasingakan akhirnya kelmaan dia akhirnya meninggal juga dan akhirnya dia di makmkan di tempat pinggiran sungai muare itu juga.
   Puyang ini adalah kisah yang menedihkan dalam perjalanaan hidup nya karena itu lah orang-orang sampai sekarang takut sekali dengan  penyakit kusta itu, Tapi gan namaya jaman sudah modern setelah itu timbulah Vaksin anti kusta itu oleh karena itu orang yang terkena penyakit itu nggak bakal di asing kan dari desa tempirai .
   Puyang kedeal ini sering di sebut untuk keberuntungan misalnya main judi 30 kalau membuka kartu pasti orang akan menyebut “oi puyang kedal”
3. Puyang sungai gerinda
   Puyang ini sering di sebut pada waktu jaman dulu itu  kurang jelas dan kurang saya ketahui karena saya belum begitu jelas mengennai puyang ini tetapi menurut bukti autentik puyang ini benar ada karena ada peninggalan dari puyang ini berupa Gerabah dari perunggu, gelang dari perunggu dan sebagainya.
sekian dari saya  masih banyak lagi puyang puyang yang ada di tempirai tapi oleh karena saya belum mengetahui pasti mengenai puyang ini !
 
tapi berbanggalah sebagai anak tempirai jangan kita dalam arti minder kalau di kota mereka biasa menyebut kita dengan sebutan doson tetapi karena kita punya kebudayaan jangan malu dengan menyebutkan bahwa kita adalah 
 
anak tempirai 
sumber : http://tempirai-city.blogspot.co.id/2011/01/sejarah-puyang-puyang-yang-ada-di.html

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan